I. INFORMASI UMUM

Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB)
Kampus SD INTIS School Yogyakarta
Jl. Retno Dumilah No.54 Kotagede Yogyakarta Telp. 0274-4436441
CP. 0812-2882-2853 (Admin), 0812-1521-682 (Mr.Ahmad), 0852-9290-2078 (Mr.Adin).
e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
web : www.intisschoolyogyakarta.sch.id

Waktu Pendaftaran

  1. Gelombang I : 10 September 2018 s.d 31 Desember 2018
  2. Gelombang II : 02 Januari 2019 s.d 14 Juni 2019. (jika masih ada kuota)

Jam pendaftaran : Senin s.d Jumat pukul 08.00 s.d 14.30 WIB.

Catatan:

  1. Maksimal penerimaan sebanyak 22 siswa/ kelas. (termasuk siswa "Istimewa")
  2. Kuota Siswa "Istimewa" adalah 2 siswa/kelas.
  3. Khusus untuk siswa pindahan pada tahun ajaran 2018-2019, masuk pada gelombang 1 dengan catatan kuota di kelas tujuan masih tersedia.
  4. Pendaftaran ditutup sewaktu – waktu jika kuota telah terpenuhi.

II. PERSYARATAN PENDAFTARAN

A. Persyaratan Umum :

  1. Muslim/Muslimah.
  2. Usia minimal 6,5 tahun per 1 Juli 2019.
  3. Menyerahkan fotocopy Akta kelahiran.
  4. Menyerahkan fotocopy kartu keluarga.
  5. Menyerahkan foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar.
  6. Menyerahkan Raport TK (bisa menyusul).
  7. Menyertakan fotocopy sertifikat prestasi (jika ada)
  8. Menyerahkan riwayat kesehatan atau penanganan lainnya yang sejenis (jika ada).
  9. Menyerahkan Laporan hasil Assesment Psikologi (rekomendasi masuk SD), jika usia di bawah 6,5 tahun.
  10. Menyetujui semua ketentuan baik administratif maupun non administratif yang telah ditetapkan oleh sekolah
  11. Menyetujui seluruh ketentuan pada lembar komitmen yang dikeluarkan oleh sekolah.
  12. Tidak cacat fisik yang dapat mempengaruhi proses komunikasi (tuna netra, tuna rungu dan tuna wicara).
  13. Masih tersedianya kuota

B. Persyaratan calon siswa “Istimewa” :

  1. Terpenuhi persyaratan umum kecuali poin 12.
  2. Tersedia kuota untuk Siswa “Istimewa” ( 2 kursi setiap kelas)
  3. Menyerahkan asesmen psokologi tentang riwayat ABK (maksimal 6 bulan dari hasil terakhir)
  4. Mengikuti trial (sesuai kebutuhan)

C. Persyaratan siswa pindahan :

  1. Terpenuhi persyaratan umum.
  2. Menyertakan surat keterangan pindah dari sekolah asal
  3. Menyertakan fotocopy raport
  4. Menyertakan surat keterangan dari Dinas Kota/Kabupaten setempat (jika dari luar provinsi)
  5. Untuk siswa pindahan kelas 6 maksimal pendaftaran pada semester 1
  6. Untuk siswa pindahan dari luar negeri maksimal di kelas 5

Catatan :

Untuk siswa berprestasi mendapatkan potongan uang masuk sebesar Rp. 2.500.000,- dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Pernah mengikuti lomba MHQ/MTQ (menyertakan sertifikat lomba minimal tingkat Kota/Kabupaten)
  2. Pernah mengikuti kejuaraan dalam bidang olahraga (menyertakan sertifikat lomba minimal tingkat Kota/Kabupaten)
  3. Pernah mengikuti lomba menggambar/mewarnai (menyertakan sertifikat lomba minimal tingkat Kota/Kabupaten)

 

III. PROSES PENDAFTARAN

A. Pengisian formulir

Pengisian formulir dilakukan secara :

  1. online di www.intisschoolyogyakarta.sch.id.
  2. offline dengan datang langsung ke sekolah.


B. Pencetakan dan pengambilan Formulir

  1. Pencetakan formulir hanya bisa dilakukan di sekolah
  2. Membayar biaya formulir yang tercetak sebesar Rp. 250.000,-
  3. Wawancara orang tua dan observasi anak (sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan).


Catatan:

  1. Calon siswa yang belum genap berusia 6,5 tahun pada Juli 2018 pencetakan formulir dilayani hanya setelah calon siswa tersebut memperoleh rekomendasi dari psikolog, melakukan trial class, dan telah diputuskan bahwa anak tersebut bisa mendaftar.
  2. Pencetakan formulir bagi calon siswa ABK dilayani hanya setelah calon siswa diassesmen, melakukan trial class, observasi dan diputuskan bahwa anak tersebut bisa mendaftar.

 

C. Trial Class

Trial Class dilakukan untuk mengatahui lebih lanjut kesiapan calon siswa sekolah di SD INTIS School Yogyakarta. Penentuan perlu atau tidaknya trial diperoleh berdasarkan diskusi sekolah dengan orang tua/wali.

syarat dan ketentuan peserta didik trial :

  • Calon siswa telah terdaftar sebagai peserta didik trial.
  • Calon siswa telah membayar administrasi sekolah sebesar Rp 25.000/ hari
  • Calon siswa telah mengisi formulir trial.
  • Calon siswa bisa memulai trial setelah mendapatkan konformasi dari sekolah.
  • Calon siswa dapat melakukan trial maximal 2 hari.
  • Selama trial calon siswa berhak :
  1. Mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah
  2. Mengikuti ekskul wajib yang diselenggarakan sekolah jika diperlukan
  3. Mendapatkan snack dan makan siang
  4. Mengikuti program BTAQ UMMI
  • Selama trial calon siswa berkewajiban untuk :
  1. Berangkat pukul 07.00 WIB
  2. Di jemput pukul 14.30 WIB (jika dijemput lebih awal harus berkoordinasi dengan sekolah)
  3. Mengikuti peraturan sekolah
  • Selama trial orangtua hanya diperbolehkan menunggu calon siswa di luar kelas atau ditinggal
  • Penentuan diterima atau tidaknya calon siswa tergantung dari sekolah dengan mempertimbangkan catatan selama trial dari edukator kelasnya.
  • Jika anak tersebut membutuhkan pendamping (Siswa "Istimewa"), diterima jika kuota Siswa "Istimewa" masih tersedia dengan jenis siswa "Istimewa" yang bisa ditangani sekolah.
  • Calon siswa yang direkomendasikan diterima, bisa langsung mandaftar ke bagian pendaftaran.

 

D. Pengumpulan Formulir

Mengembalikan formulir yang telah tercetak dengan melampirkan:

  1. Fotocopy akta kelahiran
  2. Fotocopy akta keluarga (C1)
  3. Pas foto berwarna 3x4 sebanyak 4 lembar
  4. Fotocopy ijazah sekolah / TK asal (jika ada)
  5. Menyerahkan medical record dari dokter bagi yang memiliki riwayat sakit
  6. Menyerahkan psikotes record dari psikolog bagi calon siswa Special Need (SN)

Bagi siswa pindahan juga melampirkan:

  1. Surat Keterangan pindah dari sekolah asal
  2. Fotocopy raport terdahulu sebanyak 2 eksemplar
  3. Menyerahkan pas foto 2x3 penjemput sebanyak 2 lembar untuk identitas penjemput.

 

E. Pengukuran Seragam

  1. Pengukuran seragam dilaksanakan setelah calon siswa dinyatakan diterima menjadi siswa SD INTIS School Yogyakarta.
  2. Waktu pelaksanaan pengukuran seragam akan disampikan oleh panitia melalui sms/WhatsApp.


F. Pendaftaran Lanjutan

  1. Pembayaran administrasi pembayaran awal (administrasi pembiayaan terlampir).
  2. Orang tua/wali menandatangani surat pernyataan terlampir di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,-

 

IV. LAIN-LAIN

Parenting Perdana dan Pengambilan Seragam (Jadwal parenting perdana dan pengambilan seragam akan kami beritahukan kemudian).